Sabtu, 2 Maret 2024
spot_img

Syahganda Sesalkan Adanya Intimidasi Terhadap Tim Greenpeace

BERITA TERKAIT

Intimidasi berupa penghadangan hingga peretasan WhatsApp terhadap aktivis lingkungan yang tergabung dalam Tim pesepeda Chasing the Shadow Greenpeace disesalkan banyak pihak.

Tim pesepeda Chasing the Shadow Greenpeace diintimidasi selama perjalanan ke Bali. Perlakuan itu mereka alami mulai dari Semarang hingga Probolinggo.

Kepala Greenpeace Indonesia Leonard Simanjuntak menyebut mereka dilarang berkampanye selama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali berlangsung.

“Tim pesepeda sudah mengalami intimidasi sejak berada di Semarang, baik dari orang-orang tak dikenal maupun yang berseragam polisi,” kata Leo dalam keterangan tertulisnya, Selasa (8/11).

Kejadian itu, kata Ketua Lembaga Kajian Publik Sabang Merauke Circle (SMC) Syahganda Nainggolan, justru menciderai makna besar Presidensi G20 yang salah satunya mengangkat isu transisi energi berkelanjutan.

“Saya berpendapat bahwa kampanye (Greenpeace) ini sangat relevan dengan salah satu tema G20, Sustainable Energy Transition,” ujar Syahganda kepada wartawan, Selasa (8/11).

Seluruh dunia saat ini, kata Syahganda, memiliki kepentingan atas kesuksesan G20 dalam membuat komunike bersama mengurangi emisi karbon, pengurangan energi fosil, dan mengurangi deforestasi hutan.

Greenpeace, lanjutnya, memang selayaknya ambil peran strategis pada event G20 ini. Setidaknya, sebagai bentuk kampanye pada tema G20 itu sendiri.

Sehingga, kata Syahganda lagi, dia sangat menyesali adanya pihak-pihak yang keberatan dengan aktifitas Greenpeace ini.

“Sebaiknya, pihak yang keberatan, percayakan saja pada pihak keamanan, jangan anarkis,” pungkas Syahganda.

spot_imgspot_img
spot_img

Hot Topics

Related Articles