Kamis, 20 Juni 2024
spot_img

Badai PHK Menyasar ke Ruangguru

BERITA TERKAIT

Badai pemutusan hubungan kerja (PHK) masih menerpa Indonesia. Kali ini menyasar ke perusahaan sektor pendidikan Ruangguru.

Menurut keterangan salah satu korban PHK Ruangguru yang enggan disebutkan namanya, sosialiasi PHK oleh pihak perusahaan tak ada sama sekali.

Eks karyawan Ruangguru itu mengungkapkan, pemberitahuan PHK diberikan melalui email pribadi karyawan. Informasi yang diterima itu berisi tautan meeting online untuk memberitahukan bahwa dirinya akan terkena PHK.

Awalnya, dirinya belum mengetahui mengenai kabar PHK itu. Kemudian ada temannya satu divisi menyampaikan kalau dia mendapatkan email yang berisi tautan pemberitahuan PHK.

“Ini mendadak banget saya kan mulai kerja jam 9, jam 10-an dapat chat dari teman dia ngabarin dia kena PHK. Saya dan dia sudah karyawan tetap posisinya nih. Dia dikabarin di email untuk invitation Google Meet soal pemberitahuan kena PHK. Saya cek email, ternyata saya dapet juga email atasan untuk meet itu,” ungkap karyawan tersebut dikutip Detik, ditulis Senin (21/11).

Hingga akhirnya, tiba saatnya meeting online itu dimulai pada pukul 12 siang. Benar saja, ruang meeting online itu memberitahukan bahwa dirinya terkena PHK.

“Jam 12-an meeting kita dikasih tahu deh kena PHK, katanya efisiensi,” tuturnya.

Eks karyawan Ruangguru ini sudah bekerja di perusahaan selama 3,5 tahun. Ia mengatakan tak ada isu atau gelagat perusahaan akan ada PHK besar-besaran. Dia juga mengamini bahwa karyawan yang terdampak PHK cukup banyak.

“Nggak ada sama sekali gelagat untuk PHK, kita aja kaget. Cuma sebelumnya karyawan kontrak itu dihabisin nggak ada yang dilanjutin. Eh tahunya yang karyawan tetap ikut kena juga,” katanya

“Kayaknya sih bener ya sampai 50%. Orang banyak banget kayaknya,” tukasnya.

Pada kesempatan terpisah, Ruangguru mengakui telah terjadi PHK. Namun, jumlah karyawan yang dirumahkan tidak mencapai 50%.

“Kami ingin klarifikasi bahwa statement 50% karyawan terdampak PHK tidak benar. Jumlahnya jauh lebih kecil dari itu. Terdapat ratusan pegawai yang terdampak,” kata Corporate Communications Team Ruangguru dalam penjelasannya.

Ruangguru juga menegaskan pemberitahuan PHK kepada karyawan tidak dilakukan melalui email, melainkan dilakukan secara pertemuan empat mata dengan manajer tim terkait.

“Selain itu juga, pemberitahuan tidak dilakukan via email, tapi disampaikan langsung saat one on one meeting dengan manager terkait,” tulis penjelasan Ruangguru

spot_imgspot_img
spot_img

Hot Topics

Related Articles