Sabtu, 18 Mei 2024
spot_img

Belanda Kembali Kirim Paket Bantuan Militer ke Ukraina

BERITA TERKAIT

Belanda kembali mengirim bantuan ke Ukraina berupa paket bantuan senilai triliunan rupiah agar Kiev minimal bisa bertahan dan maksimal mampu memenangkan peperangan melawan Rusia.

Sebelumnya, pada awal bulan ini Belanda telah mengirimkan paket bantuan senilai 119,9 juta dolar AS atau setara dengan Rp 3,1 trilun.

Dari jumlah tersebut, 45 juta dolar AS atau Rp 707 miliar dialokasikan untuk pengadaan 90 tank tempur utama T-72B sebagai bagian dari perjanjian trilateral dengan Republik Ceko dan Amerika Serikat.

Kemudian pada Senin (21/11), pemerintah Belanda kembali mengumumkan rencananya untuk menambah paket bantuan sebesar 102 juta dolar AS atau senilai Rp 1,6 triliun kepada badan pengumpulan dana Ukraina yang dikelola Inggris bernama International Fund for Ukraine (IFU).

Dimuat The Defense Post, Menteri Pertahanan Belanda Kajsa Ollongren menekankan pentingnya dukungan militer itu bagi Ukraina.

“Jika Rusia berhenti berperang, tidak akan ada perang. Jika Ukraina berhenti berperang, tidak akan ada Ukraina. Dukungan internasional untuk Ukraina tetap penting,” tegasnya setelah pertemuan tingkat menteri Pasukan Ekspedisi Gabungan (JEF) di Edinburgh.

JEF adalah koalisi multinasional yang dipimpin Inggris yang memiliki misi untuk menanggapi dengan cepat krisis dan keprihatinan nasional di High North dan Eropa Utara.

spot_imgspot_img
spot_img

Hot Topics

Related Articles