Minggu, 21 Juli 2024
spot_img

Jokowi Hanya Petugas Partai Semacam Macan Ompong yang Tak Punya Pengaruh di Pemilu 2024

BERITA TERKAIT

Meski Joko Widodo (Jokowi) merupakan Presiden RI, posisinya di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tetap hanya sebatas petugas partai. Dengan demikian, mantan Walikota Solo itu hanyalah semacam macan ompong pada Pilpres 2024 mendatang.

Menurut Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI), Saiful Anam, pengaruh Jokowi terhadap dukungan kepada kandidat calon presiden (capres) atau calon wakil presiden (cawapres) tidak terlalu signifikan.

“Pak Jokowi kan tidak memiliki parpol, dia hanya petugas parpol, jadi sulit juga untuk berpengaruh dan mempengaruhi parpol,” kata Saiful dilansir dari RMOL, Kamis (1/12).

Saiful pun mencontohkan ketika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 2014 dan 2019 lalu tidak biasa apa-apa meskipun memiliki Partai Demokrat.

“Jokowi sama dengan macan ompong pada 2024 mendatang. Jokowi tidak memiliki bargaining kepada parpol, karena pasti PDIP tidak akan mudah dipengaruhi oleh Jokowi,” tandas Saiful yang juga Akademisi Universitas Sahid Jakarta ini.

spot_imgspot_img
spot_img

Hot Topics

Related Articles