Sabtu, 18 Mei 2024
spot_img

Meski Harga Lebih Tinggi dari Toyota bZ4X dan Hyundai Ioniq 5, Pesanan KIA EV6 GT-Line Tetap Ratusan Unit

BERITA TERKAIT

Kreta Indo Artha (KIA), sebagai pemegang merek dan distributor mobil merek KIA merilis harga jual mobil listrik berbasis baterai pertama, EV6 GT-Line Rp1,299 miliar berstatus on the road Jakarta.

Harga tersebut bersaing dengan mobil listrik Toyota, bZ4X yang dibandrol dengan harga Rp1,19 miliar untuk pasaran di Indonesia.

Meski demikian, keduanya masih jauh lebih tinggi dari mobil listrik Hyundai Ioniq 5 yang dibangun menggunakan platform serupa. Ioniq 5 dijual mulai dari Rp748 juta.

Marketing & Development Division Head, Ario Soerjo, mengatakan, meski harganya lebih tinggi bila dibadingkan Hyundai Ioniq 5 dan Toyota bZ4X, mobil listrik Kia tetap mengantongi ratusan unit pesanan sejak pertama kali diperkenalkan di GIIAS 2022.

“Kia EV6 GT-Line telah mendapatkan respon yang sangat baik dan animo yang tinggi. Kami mendapatkan lebih dari 100 pesanan dari konsumen, meskipun (saat itu) kami belum mengumumkan secara resmi harga dan ketersediaan,” kata Ario.

EV6 GT-Line menggunakan platform New Electric Global Modular Platform (E-GMP) dari Hyundai Motor Group.Platform ini juga tersemat pada Ioniq 5.

Perusahaan melengkapinya dengan dua motor berpenggerak sehingga menganut sistem semua roda atau all wheel drive yang mampu menyalurkan tenaga hingga 320 Hp dan torsi 605 Nm. Mobil ini ditunjang baterai berkapasitas 77,4 kWh dengan tegangan 800 v.

Baterai ini jika terisi penuh mampu membuat Kia EV6 GT-Line melaju sejauh 506 kilometer.

Sementara pengisian daya baterai, dibutuhkan waktu tujuh jam apabila menggunakan pengisian daya Wall Charger berarus AC dengan daya 11 kW. Waktu pengisian bisa dipangkas jika menggunakan pengisian daya Fast Charging berarus DC daya 50 kW, yaitu menjadi 73 menit dari 10 hingga 80 persen.

Selain itu pengisian juga bisa dilakukan menggunakan cepat berdaya 200 kW ke atas untuk mengisi hingga 80 persen dalam waktu singkat, 18 menit.

Untuk fitur, EV6 GT Line dilengkapi Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) yang di dalamnya terdiri dari fitur Forward Collision Avoidance Assist (FCA) Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist (LKA), Smart Cruise Control (SCC) dengan Auto Stop & Go, Blind Spot Collision Avoidance Assist (BCA), Blind Spot View Monitor (BVM), Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA), Driver Attention Warning (DAW), dan High Beam Assist (HBA).

Kemudian ada juga Safe Exit Assist (SEA), Surround View Monitor (SVM), dan Remote Smart Parking Assist (RSPA). Selain itu terdapat juga Wide Sunroof Ventilated & Heated Front Seats, Wireless Charging, hingga audio premium Meridian sebanyak 14 speaker.

Klaim perusahaan pengiriman unit ke konsumen bakal dilakukan pada kuartal pertama 2023.

spot_imgspot_img
spot_img

Hot Topics

Related Articles