Kamis, 20 Juni 2024
spot_img

Ambisi Jokowi Lanjutkan Proyek IKN Bakal Menimbulkan Masalah Besar

BERITA TERKAIT

Ambisi Presiden Joko Widodo untuk melanjutkan proyek Ibu kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur bakal menimbulkan masalah besar. Pasalnya, kondisi keuangan negara saat ini sedang babak belur usai dihantam pandemi Covid-19 dan resesi.

Menurut analis politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, dalam situasi keuangan negara yang masih sulit, tentu beban APBN akan semakin berat bila harus mendanai proyek IKN Rp 460 triliun.

“Dana tersebut tentu sangat besar di saat keuangan negara yang terbatas. Satu-satunya yang bisa dilakukan untuk menambal APBN tentu dengan berutang. Ini artinya, utang Indonesia akan semakin membengkak,” ujar Jamiluddin sebagaimana dilansir RMOL, Kamis (8/12).

Jamiluddin pun mempertanyakan hati nurani para elite negeri ini, yang tampaknya tega membebani rakyat dengan utang yang kian menumpuk hanya demi ambisi membangun IKN.

“Jawabnya seharusnya tidak, bila elite negeri masih menggunakan akal sehat,” tegas Jamiluddin.

“Jadi, elite jangan memaksakan kehendak untuk melanjutkan proyek IKN di tengah keuangan negara yang sulit. Jangan hanya ambisi elite rakyat harus menanggung beban utang yang menggunung,” sambung Jamiluddin.

Apalagi sejak awal, kata Jamiluddin, proyek IKN itu hanya keinginan elite. Rakyat secara langsung tidak dilibatkan dalam memutuskan perlu tidaknya proyek IKN.

“Jadi, mayoritas rakyat tidak merasa berkepentingan pembangunan IKN. Karena itu, jangan bebani rakyat dengan tambahan utang hanya untuk membangun IKN. Hal itu kiranya perlu dipahami elite, khususnya Presiden Jokowi,” tandas Jamiluddin.

spot_imgspot_img
spot_img

Hot Topics

Related Articles