Minggu, 21 Juli 2024
spot_img

Iran Eksekusi Mati Seorang Demonstran

BERITA TERKAIT

Iran telah eksekusi mati seorang aktivis yang menjadi bagian dari demonstrasi anti pemerintah yang sejak September bergejolak di Teheran dan kota-kota lainnya.

Pengadilan mengatakan terdakwa bernama Mohsen Shekari dieksekusi pada Kamis (8/12). Ia dinyatakan bersalah atas Moharebeh – permusuhan terhadap Tuhan – karena menikam seorang penjaga keamanan dan memblokir jalan di Teheran.

Kantor berita Mizan melaporkan, Mohsen telah berpartisipasi dalam kerusuhan dan menyerang seorang anggota kelompok paramiliter Basij.

Eksekusi terhadap Mohsen telah dilakukan sebelum matahari terbit, terjadi sehari setelah sejumlah pengunjuk rasa menggunakan Hari Pelajar Nasional untuk menyuarakan kemarahan mereka kepada pihak berwenang.

Eksekusi dilakukan ketika tahanan lain juga menghadapi kemungkinan hukuman mati atas keterlibatan mereka dalam protes, yang dimulai sebagai protes terhadap polisi moralitas Iran dan telah berkembang menjadi salah satu tantangan paling serius bagi teokrasi Iran sejak Revolusi Islam 1979.

Shekari menjadi pengunjuk rasa pertama yang dieksekusi, dan ada sekitar 11 orang lainnya yang akan dijatuhi hukuman mati karena berpartisipasi dalam unjuk rasa.

Aktivis mengatakan lebih dari 500 orang telah tewas sejak gerakan protes dimulai pada 16 September, dengan sedikitnya 18.000 ditahan yang beberapa di antaranya ditahan di penjara rahasia .

Aksi unjuk rasa yang bergejolak di Iran dipicu oleh kematian seorang wanita Kurdi Iran berusia 22 tahun bernama Mahsa Amini saat dalam tahanan polisi moral. Dia ditahan di Teheran karena mengenakan jilbabnya secara tidak benar.

spot_imgspot_img
spot_img

Hot Topics

Related Articles