Minggu, 21 Juli 2024
spot_img

Jimly Asshiddiqie: Penundaan Pemilu Hal yang Terlarang dalam Konstitusi

BERITA TERKAIT

Usulan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) agar Pemilu 2024 ditunda sebaiknya tak perlu dibahas. Sebab, ide itu sudah menyalahi konstitusi dan hanyalah ilusi yang mustahil terjadi.

“Isu perpanjangan jabatan presiden, tunda pemilu, kemungkinan Jokowi jadi cawapres sudah terlalu lama dibahas sebagai ilusi tidak nyata. Sebaiknya disetop saja, jangan habiskan waktu dibahas lagi,” ujar Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) pertama RI, Jimly Asshiddiqie, dalam akun Twitternya @JimlyAs, Jumat (9/12).

Untuk itu, Jimly meminta semua pihak baik di instansi pemerintah, partai politik, termasuk tokoh di dalamnya agar mengikuti proses Pemilu 2024 yang sudah berjalan.

“Semua itu terlarang, tidak mungkin dan pasti tidak akan terjadi. Proses menuju Pemilu 2024 sudah jalan, ikuti saja dengan tertib,” tulis Jimly.

Sebelumnya, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet meminta pelaksanaan Pemilu serentak di 2024 harus benar-benar diperhitungkan. Menurutnya, menjelang Pemilu 2024 kerap memunculkan kondisi politik nasional yang panas.

Apalagi, kata dia, proses pemulihan akibat pandemi Covid-19 belum sepenuhnya selesai. Bahkan belakangan ini bencana alam terjadi di mana-mana.

“Ini jelas harus dihitung betul apakah momentumnya tepat dalam era kita tengah berupaya recovery bersama terhadap situasi ini dan antisipasi, adaptasi, dan ancaman global seperti ekonomi, bencana alam dan sebagainya,” kata Bamsoet dalam acara rilis hasil survei Poltracking, Kamis (8/12).

spot_imgspot_img
spot_img

Hot Topics

Related Articles