Sabtu, 18 Mei 2024
spot_img

Peru Deklarasi Status Darurat

BERITA TERKAIT

Peru mendeklarasikan status darurat pada Rabu (14/12), usai krisis politik di negara itu memicu kerusuhan berdarah yang menelan nyawa tujuh orang.

Menteri Pertahanan Peru, Alberto Otarola, mengumumkan status darurat itu berlaku selama 30 hari mulai Rabu.

Ia mengatakan bahwa status darurat diberlakukan karena “tindakan vandalisme dan kekerasan” hingga penutupan jalan di tengah kerusuhan ini.

Otarola juga mengumumkan kepolisian dan angkatan bersenjata akan “mengendalikan seluruh wilayah.”

Dilansir dari AFP, Otarola membeberkan bahwa dengan status darurat ini, pemerintah juga dapat “mencabut kebebasan bergerak dan berkumpul” dan menerapkan jam malam.

Status darurat ini diumumkan setelah Peru didera krisis politik sejak pekan lalu, ketika mantan presiden Pedro Castillo berupaya membubarkan parlemen dan memerintah berdasarkan dekrit.

Parlemen Peru lantas memakzulkan Castillo. Aparat pun langsung menahan Castillo ketika sang mantan presiden dalam perjalanan menuju kedutaan besar Meksiko untuk mencari suaka.

Sementara itu, Peru menunjuk presiden baru, Dina Boluarte. Namun, warga masih terus berdemonstrasi mendesak pemilihan umum selanjutnya dipercepat.

Awalnya, Peru harusnya menggelar pemilu pada 2026. Guna meredam amarah demonstran, Boluarte mengajukan percepatan pemilu menjadi 2024.

Meski demikian, para pengunjuk rasa mendesak pemilu digelar sesegera mungkin. Boluarte pun kembali mengajukan usulan untuk mempercepat pemilu menjadi Desember 2023.

Tak puas, warga tetap turun ke jalan, menuntut pemilu lebih cepat agar mereka dapat memilih pemimpin yang benar-benar diinginkan rakyat.

Para pendukung Castillo juga terus berdemonstrasi menyerukan pembebasan sang mantan presiden. Kericuhan makin parah karena Castillo tak kunjung dibebaskan.

Pekan lalu, hakim memerintahkan Castillo ditahan hanya tujuh hari hingga Rabu, sembari menunggu jaksa menyusun dakwaan.

Namun pada Selasa, jaksa mengajukan permintaan agar Castillo ditahan selama 18 bulan, sebelum proses peradilan dimulai

spot_imgspot_img
spot_img

Hot Topics

Related Articles