Selasa, 21 Mei 2024
spot_img

Putin Akan Bangun Dua Pangkalan Militer Rusia di Ukraina

BERITA TERKAIT

Rusia berencana bangun dua pangkalan militer di wilayah selatan Ukraina yang dikuasai Moskow selama invasi berlangsung.

Pembangunan pangkalan militer itu ditujukan demi mendukung aktivitas Angkatan Laut Ukraina.

“Pelabuhan di Berdyansk dan Mariupol berfungsi penuh. Kami berencana membangun pangkalan militer untuk mendukung kapal, layanan darurat, dan perbaikan unit di Angkatan Laut,” kata Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu pada Rabu (21/12), seperti dikutip AFP.

Rencana tersebut diutarakan Shoigu saat rapat dengan Presiden Vladimir Putin dan petinggi militer Rusia di Moskow.

Pelabuhan Berdiansk ada di wilayah Zaporizhzhia dan Pelabuhan Mariupol di wilayah Mariupol, selatan Ukraina.

Rusia telah menduduki Mariupol sejak awal invasi berlangsung pada Februari lalu. Wilayah itu menjadi salah satu titik perang tentara Rusia vs Ukraina.

Rencana pembangunan pangkalan militer ini berlangsung ketika pasukan Rusia dilaporkan terus mengalami kemunduran di Ukraina.

Pasukan Putin di beberapa titik di medan perang dikabarkan terus melemah hingga mengalami kekurangan logistik sampai kelaparan.

Anggota parlemen Rusia sekaligus eks jenderal militer, Andrei Gurulyov, mengatakan saat ini tentara Rusia hanya bisa bermanuver dalam mode bertahan menghadapi perlawanan pasukan Ukraina.

Sejak awal September lalu, pasukan Ukraina terus melancarkan serangan balasan dengan bantuan senjata dari Barat. Pasukan Presiden Volodymyr Zelensky pun berhasil merebut kembali sejumlah wilayah yang sempat diduduki Rusia selama invasi berlangsung.

spot_imgspot_img
spot_img

Hot Topics

Related Articles