Sabtu, 2 Maret 2024
spot_img

Rizal Ramli Minta Pemerintah Perketat Aturan Kedatangan Wisatawan Asal China

BERITA TERKAIT

Tokoh nasional, Rizal Ramli meminta pemerintah untuk memperketat aturan bagi wisatawan asal China yang bertandang ke Indonesia, mengingat kasus Covid-19 di negeri tirai bambu tersebut saat ini tengah melonjak.

“Waktunya Indonesia ketatkan screening kunjungan dari Mainland China (China daratan),” tulis Rizal Ramli dalam akun twitter pribadi @RamliRizal, Jumat (30/12).

Teranyar, Jepang telah mengumumkan aturan baru berupa wajib tes negatif Covid-19 bagi para pelancong China. Sementara Malaysia menerapkan langkah-langkah pelacakan dan pengawasan tambahan.

Hal serupa juga dilakukan oleh India dengan memperketat aturan bagi para pelancong dari China.

Amerika Serikat (AS) sendiri tengah mempertimbangkan aturan baru yang mirip.

Beberapa rumah sakit dan rumah duka di China telah kewalahan karena virus menyebar tanpa terkendali di seluruh negara berpenduduk 1,4 miliar orang itu.

Namun, statistik resmi menunjukkan hanya satu kematian akibat Covid-19 dalam tujuh hari hingga Senin (26/12), memicu keraguan di antara pakar kesehatan dan penduduk tentang data pemerintah.

Angka-angka tersebut tidak konsisten dengan pengalaman negara-negara yang jauh lebih sedikit penduduknya setelah pembatasan dibuka kembali.

Lonjakan kasus Covid-19 terjadi setelah China mencabut kebijakan Zero Covid setelah aksi protes besar-besaran terhadap pemerintah.

spot_imgspot_img
spot_img

Hot Topics

Related Articles