Sabtu, 18 Mei 2024
spot_img

Pabrikan China Luncurkan 2 Motor Besar Mirip Honda CBR650R

BERITA TERKAIT

Pabrikan otomotif asal China, Jiajue meluncurkan dua motor CN 800 Zhen dan CNR 800 Rui yang memiliki kemiripan sangat identik dengan motor milik Honda yaitu CBR650R

Dikutip Antara, Rideapart pada Selasa mengabarkan bahwa duo naked bike tersebut benar-benar terlihat “meminjam” atau bahasa ekstrimnya meniru model dari big bike Honda yang sudah sangat familiar bagi penggemarnya.

CN 800 Zhen memiliki desain ekor hingga lampu depan yang bergaya bundar, desain tersebut seolah-olah mengingatkan konsumen terhadap apa yang dimiliki oleh Neo Retro dari Honda.

Tidak cukup sampai sana, Jiajue juga menggambarkan motornya seolah mirip dengan motor Honda dengan hadirnya fork berwarna emas, sistem knalpot bagian bawah, dan pola wheelset yang sama dengan CB650R.

Sementara CN 800 Zhen lebih menyukai suspensi KYB daripada unit Showa Team Red, kedua model menggunakan kaliper Nissin. Jiajue bahkan menawarkan ABS dua saluran untuk memenuhi standar kelas menengah saat ini.

Untuk urusan dapur pacunya, kedua motor ini menggendong mesin empat silinder 796cc yang menghasilkan 117 tenaga kuda dan torsi 68,6 lb-ft. Sebagai perbandingan, Honda 649cc inline-four menghasilkan 87 hp dan torsi 42,4 lb-ft.

Memang, jika melihat catatan di atas kertas perbedaan tenaga dan juga porsi mesin memiliki perbedaan baik Honda maupun Jiajue asal China.

Tidak hanya itu saja, Jiajue juga merapikan bagian dasbor motornya sehingga terlihat lebih mewah. Jiajue hadirkan dasbor TFT sementara keluarga Honda 650 masih hanya menggunakan panel LCD yang panjang.

Sebagaimana diketahui bersama, banyak pabrikan otomotif China yang meniru motor-motor yang sudah eksis seperti Scrambler Ducati dengan Lifan Hunter 125 hingga Harley-Davidson Sportster S dengan Motofino’s Streetboy V-Maxter 300.

spot_imgspot_img
spot_img

Hot Topics

Related Articles