Selasa, 21 Mei 2024
spot_img

Polarisasi Puan-Ganjar Akan Berakhir Bila Megawati Maju Jadi Capres

BERITA TERKAIT

Polarisasi yang terjadi di internal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akibat kubu-kubuan antara-pendukung Puan Maharani dan Ganjar Pranowo diperkirakan akan berakhir jika Megawati Soekarnoputri maju menjadi calon presiden (capres) pada 2024.

“Kalau Megawati capres, maka akan mengakhiri seluruh ketegangan hari ini akibat polarisasi dukungan di internal PDIP baik kepada Ganjar maupun Puan,” ujar Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI), Saiful Anam dikutip dari RMOL, Selasa (10/1).

Hal tersebut, merupakan sesuatu yang baik bagi partai yang belakangan mulai terbelah antara Puan dengan Ganjar. Sehingga, lanjut Saifil, dengan majunya Megawati akan terlihat siapa pengkhianat dan siapa yang benar-benar loyal kepada PDIP.

“Tentu mereka yang loyal akan tetap mengikuti arahan dan titah Ketua Umum PDIP. Mereka akan bulat mendukung apa yang diputuskan oleh parpol,” ujar Saiful.

Namun bagi mereka yang tidak loyal, kata akademisi Universitas Sahid Jakarta ini, dipastikan akan memilih menyeberang ke partai politik (parpol) lainnya.

Dengan demikian, saat ini dianggap momen bagi PDIP untuk menentukan sikap. Sekaligus menyeleksi kader yang betul-betul militan, atau hanya memiliki kepentingan pribadi di internal parpol.

“Saya kira ini menjadi momentum untuk mengakhiri kubu Ganjar dan Puan, selain itu juga dapat dijadikan sebuah refleksi bagi PDIP untuk tetap solid guna menyongsong Pemilu 2024 mendatang,” tandas Saiful.

spot_imgspot_img
spot_img

Hot Topics

Related Articles