Sabtu, 20 Juli 2024
spot_img

Vladimir Putin: Ekonomi Rusia Jauh Lebih Baik dari yang Diharapkan

BERITA TERKAIT

Perang antara-Rusia dan Ukraina yang berlangsung hampir satu tahun tidak membuat perekonomian Moskow menurun.

Berbicara melalui video pada pembukaan pertemuan pemerintah tentang masalah ekonomi pada Selasa (17/1), Presiden Rusia Vladimir Putin, mengungkapkan, produk domestik bruto (PDB) Rusia turun hanya 2,1 persen dalam 11 bulan pertama tahun lalu, yang menurutnya jauh lebih baik dari yang diproyeksikan.

Menurut Putin, penurunan untuk setahun penuh diperkirakan menjadi 2,5 persen, sedangkan dinamika aktual tahun lalu positif.

Putin inflasi di Rusia pada 2022 adalah 11,9 persen, yang juga lebih rendah dari perkiraan, termasuk bank sentral negara itu.

Pada pertemuan Selasa, Putin juga menyerukan adanya peningkatan gaji warga Rusia pada 2023, mencatat bahwa kenaikan harga secara langsung memengaruhi pendapatan konsumen.

“Ini pada dasarnya penting baik untuk pendapatan riil warga negara maupun untuk perekonomian secara keseluruhan,” ujarnya, seperti dikutip dari RT.

Menurut Putin, pada kuartal pertama tahun ini inflasi akan turun menjadi 5 persen, dan pada kuartal kedua akan kurang dari 4 persen.

Berbicara tentang produsen gas Rusia, pemimpin Rusia mencatat bahwa mereka mengalami tahun yang baik di 2022.

“Pada saat yang sama, saya mencatat bahwa harga gas dunia telah meningkat secara signifikan karena tindakan negara-negara Barat, dan sebagai hasilnya, produsen dan eksportir gas Rusia telah memperoleh keuntungan yang baik selama dua tahun terakhir dan secara signifikan meningkatkan pembayaran ke negara tersebut. sistem anggaran,” kata Putin.

Putin juga mencatat bahwa produksi gas alam di Rusia pada tahun 2022 mengalami penurunan sebesar 11,8 persen.

spot_imgspot_img
spot_img

Hot Topics

Related Articles