Kamis, 20 Juni 2024
spot_img

Skandal RANS Entertainment, Kaesang, dan Erick Tohir

BERITA TERKAIT

RANS Entertainment milik pasangan artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavin sudah semakin memasuki ranah politik praktis. Ini terungkap dari kebanggaan Raffi Ahmad bahwa Rans Entertainment menjadi penyelenggara, event organizer, acara relawan Nusantara Bersatu pada 26 November 2022 di Gelora Bung Karno (GBK). Presiden Jokowi pun hadir, tampak senang. Karena seperti diberitakan, teriakan dukungan Tiga Periode menggema di stadion. Di tengah acara, juga tampak Arsyad Rasyid, Ketua Umum KADIN yang juga sekaligus Bos Indika Group.

Anak bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep diangkat jadi komisaris RANS Entertainment
setahun sebelumnya, sejak 30 Oktober 2021. Di hadapan media saat itu, Kaesang bilang
fungsinya sebagai komisaris RANS Entertainment adalah “mukulin” Mas Rafi. Sebulan kemudian, setelah “dipukuli” Kaesang, RANS Entertainment pada 13 November 2021 kelimpahan investasi dari Grup Emtek sebesar Rp 248 miliar.

Grup Emtek ini bukan sembarangan. Dekatnya Grup Emtek dengan Kaesang dibuktikan dari fakta bahwa beberapa bulan kemudian Grup Emtek ini kemudian juga berinvestasi di perusahaan Kaesang yang lain, yakni, Mangkokku. Disebutkan, pada 6 Juni 2022, Grup Emtek bersama Cakra Ventures dan Alpha JWC Ventures menggelontorkan dana USD 7 juta ke Mangkokku. Sebulan setelah mendanai Mangkokku, Juli 2022, giliran Grup Emtek yang ketiban rezeki dengan masuknya investasi dari grup Sinar Mas sebesar USD 200 juta atau Rp 3 triliun untuk membeli kepemilikian di aplikasi dompet elektronik DANA milik Grup Emtek.

Siapa Cakra Ventures yang ikut berinvestasi ke Mangkokku? Cakra Ventures terindikasi
dimiliki oleh Indika Group pimpinan Arsyad Rasyid, yang juga panitia acara Nusantara
Bersatu. Sedangkan Alpha JWC Ventures adalah perusahaan modal ventura yang didirikan di negeri surga pajak Caymand Island, sangat sering mendanai bisnis anak-anak Presiden Jokowi. Soal Mangkokku dan Alpha JWC Ventures akan disampaikan di edisi berikutnya.

Masuk ke Noice milik Erick Thohir

Kembali ke soal RANS Entertainment yang sudah semakin masuk ke kelindan oligarki sekitar Jokowi. RANS pada Februari 2022 dilaporkan media dalam negeri telah berinvestasi sebesar USD 2,5 juta atau Rp 35 miliar pada Noice. Noice adalah aplikasi podcast milik PT Mahaka Radio Digital- di bawah grup bisnis Mahaka milik Menteri BUMN Erick Thohir.

Menurut data kami, RANS Entertainment sebenarnya telah menjadi investor Noice sejak September 2021. Dan satu-satunya investasi yang dilakukan RANS Entertainment adalah ke Noice. RANS Entertainment masuk ke dalam fase “seed round” dalam pendanaan Noice, bersama Alpha JWC Ventures dan Go Ventures -milik GoTo. Kita tahu, beberapa bulan sebelumnya, pada Mei 2021, GoTo baru disuntik Rp 6,4 triliun oleh BUMN Telkomsel atas perintah Erick Thohir. Sekedar menginformasikan, komisaris GoTo adalah kakak kandung Erick Thohir, Garibaldi Thohir atau biasa dikenal Boy Thohir.

Alpha JWC Ventures sendiri terlihat cukup aktif terlibat dalam bisnis Noice. Selain jadi investor dalam fase “seed round”, Alpha JWC Ventures juga menjadi lead investor dalam fase “Seria A” bersama Patrick Waluyo dan Northstar Group pada April 2022 sehingga berhasil menggalang dana total hingga USD 22 juta atau Rp 330 miliar. Patrick Waluyo, pemilik Northstar Group adalah menantu dari pendiri Grup Astra, TP Rachmat.

Sedikit informasi, keluarga TP Rachmat juga aktif membangun bisnis anak-anak Jokowi,
bersama putra pemimpin Sinar Mas Group, dalam perusahaan yang Bernama GK Hebat. GK Hebat ini membawahi produk-produk seperti Sang Pisang, Yang Ayam, Ternakopi, Siap Mas, dll.

Dalam pemberitaan pada September 2021 juga disebutkan bahwa grup Lippo melalui sayap investasinya PT Multipolar Tbk berinvestasi pada Noice. Sayang tidak disebutkan berapa nilai investasi Grup Lippo ini ke Noice. Kemungkinan termasuk ke dalam dana USD 22 juta yang dipimpin oleh Northstar Group dan Alpha JWC Ventures.

Setelah lebih dari setahun apa yang terjadi dengan Noice kini? Berdasarkan laporan
keuangan PT Mahaka Radio Integra Tbk, induk usaha dari Noice, rugi (sebelum pajak)
perusahaan meningkat dari September 2021 yang “hanya” merugi Rp 13 miliar pada
September 2021 meningkat menjadi rugi Rp 78,8 miliar pada September 2022.

Bila dilihat berdasarkan jumlah unduhan aplikasi Noice, ternyata tidak banyak mengalami peningkatan. Pada September 2021, diberitakan bahwa jumlah pengunduh Noice telah mencapai lebih dari 1 juta pengguna. Sementara bila dilihat kondisi saat ini, di Google Play untuk Android, jumlah pengunduh aplikasi Noice masih berjumlah 1 jutaan. Tidak banyak berubah dari kondisi dua tahun sebelumnya. Di Appstore malah lebih sedikit lagi, saat ini hanya 4 ribuan pengunduh untuk Noice.

Uniknya Noice seperti menjadi panggung kampanye untuk Kaesang. Bila kita cek di Google, cukup banyak aktivitas Kaesang yang menjadi konten di Noice. Sebagian terekam dalam acara “Podkaest Sang”. Contoh-contoh konten Kaesang terakhir di Noice:

Perdana mas kaesang nyobain invoice ada rasanya!! Langsung aja dengerin obrolan dari Mas @kaesangp bareng @grumpykitchenofficial dan @Paperindonesia tentang anak IT yang mau bantuin UKM biar gak harus ngantri nungguin invoice, cuma di Podkaest Sang! tayang hari ini, 06 Januari 2022 hanya di: – Radio GEN 98.7 @gen987fm pukul 17:00 WIB – Aplikasi NOICE @noice.id pukul 18:00 WIB – Aplikasi @genflix pukul 20:00 WIB – Youtube Kaesang pukul 20:00 WIB #PodkaestSang #UMKM #UMKMNaikKelas #umkmindonesia #Youtuber #Podcast #Comedy #Bisnis #GrumpyKitchen #PaperId #pastry #Kaesang #Yummy #Podcast

Ternyata sampah bisa jadi cuan! Langsung aja dengerin obrolan dari Mas @kaesangp bareng @le_minerale tentang bagaimana merubah sampah jadi usaha daur ulang yang cuan banyak, cuma di Podkaest Sang! tayang hari ini, 20 Januari 2023 hanya di: – Radio GEN 98.7 @gen987fm pukul 17:00 WIB – Aplikasi NOICE @noice.id pukul 18:00 WIB – Aplikasi @genflix pukul 20:00 WIB – Youtube Kaesang pukul 20:00 WIB #PodkaestSang
#UMKM #UMKMNaikKelas #umkmindonesia #Youtuber #Podcast #Comedy #Bisnis #Kibumi #sampahbaik #GerakanEkonomiSirkular #Kaesang #LeMinerale #Podcast

Di samping banyak orang yang merayakan pernikahan Kaesang, tapi banyak juga kejadian-kejadian aneh yang terjadi di Indonesia terutama kembali terjadi di Depok, lalu juga ada isu panas tentang potensi Indonesia terkena arus resesi sex, bagaimana Cania, Gilbhas, dan Mamat mendiskusikan hal ini, selengkapnya hanya di Ruang 28 “3 Opini Terhadap 3 Berita Dalam 1 Meja” Obrolan dua arah yang membawakan opini dari tiga perspektif dan tiga persona yang berbeda, berdasarkan berita isu sosial dan politik di Indonesia ataupun luar negeri yang berkaitan dengan Indonesia. Jangan sampai ketinggalan info isu sosial dan politik di Ruang 28 dengan follow instagram @ruang28.noice

Gak paham lagi dah ini mau ngomongin apa, dari kepiting sampe sunat dua kali! Langsung kita denger klarifikasi dari saudaranya! Langsung dengerin obrolan dari Mas @kaesangp bareng Owner dari @Kepiting_nyinyir tentang Ternak Kepiting, Riding Wave dan Saudaranya disini, cuma di Podkaest Sang! tayang hari ini, 07 Oktober 2022 hanya di: – Radio GEN 98.7 @gen987fm pukul 17:00 WIB – Aplikasi NOICE @noice.id pukul 18:00 WIB – Aplikasi @genflix pukul 20:00 WIB – Youtube Kaesang pukul 20:00 WIB Jangan lupa catat jam tayangnya, ya! #PodkaestSang #UMKM #UMKMNaikKelas #umkmindonesia #Youtuber #Podcast #Comedy #Bisnis #Masmono #ayam #Kaesang #Yummy #Podcast

Kenapa saya sebut sebagai panggung kampanye untuk Kaesang, karena belakangan ini sedang ramai kabar bahwa Kaesang berminat masuk dunia politik. Mungkin karena inilah Jokowi seperti tutup mata tatkala Erick Thohir terlihat sangat bebas berkampanye politik, menaikan popularitas dan elektabilitasnya, menggunakan dana dan fasilitas BUMN, dibayari uang pajak rakyat.

Relasi oligarki dengan penguasa dan keluarganya. Foto: Alerta
Relasi oligarki dengan penguasa dan keluarganya. Foto: Alerta

Oleh: Agung Wibowo Hadi, Aktivis Pergerakan ’98 sekaligus salah satu pendiri  Forum Kota (Forkot)

spot_imgspot_img
spot_img

Hot Topics

Related Articles