Selasa, 21 Mei 2024
spot_img

Setara Institute: Keputusan Polri Pertahankan Eliezer Jadi Polisi Penuhi Keinginan Publik

BERITA TERKAIT

Sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) tetap mempertahankan Bharada Richard Eliezer sebagai anggota kepolisian, meski Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memutuskan vonis pria yang karib disapa Bharada E itu 1,6 tahun kurungan penjara, lantaran terkait kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Terkait hal itu, Ketua Badan Pengurus Setara Institute, Hendardi, menilai, putusan Majelis Etik Polri telah mengikuti keinginan publik untuk mempertahankan Eliezer di jajaran kepolisian.

“Putusan Majelis Etik Polri atas Bharada Eliezer yang memutus demosi 1 tahun dan tetap mempertahankan status Eliezer sebagai anggota Polri, tampak mengikuti arus utama publik yang menganggap Eliezer layak mendapat keringanan hukuman, termasuk tetap menjadi anggota Polri,” ujar Hendardi dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Kamis (23/2).

Hendardi juga menyoroti alasan yang meringankan Eliezer dalam putusan etik itu karena posisinya sebagai justice collaborator (JC) dan tidak pernah dihukum.

Menurutnya, putusan dari pertimbangan tersebut sangat berbeda dengan putusan sidang etik belasan anggota Polri yang terlibat dalam kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J.

“Hadiah meringankan yang datang bertubi-tubi bagi Eliezer berbanding terbalik dengan putusan-putusan etik sebelumnya yang menimpa belasan anggota Polri korban ‘prank’ Ferdy Sambo,” ujar Hendardi.

Ia menilai, kondisi tersebut kemungkinan dipengaruhi oleh euforia penindakan tegas Polri pada awal-awal penegakan hukum terhadap para terdakwa perkara tersebut.

“Sidang etik sebelumnya memutus pelanggaran etik sejumlah anggota yang bahkan tidak terlibat tindak pidana tetapi lebih berat dari Eliezer,” imbuh Hendardi.

Meski demikian, menurut Hendardi, berbagai respons dan penanganan yang dilakukan oleh Polri telah menunjukkan respons presisi dan bekal berharga bagi perbaikan Polri di masa kini dan masa depan.

spot_imgspot_img
spot_img

Hot Topics

Related Articles