Sabtu, 20 Juli 2024
spot_img

Sri Mulyani Pecat Rafael Alun, Ayah Penganiaya Anak Petinggi GP Ansor

BERITA TERKAIT

Menteri Keuangan Sri Mulyani secara resmi telah memecat Rafael Alun Trisambodo (RAT) dari jabatannya sebagai Kepala Bagian Umum di Kanwil DJP Jakarta Selatan II.

Pencopotan tersebut diumumkan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati buntut peristiwa penganiayaan yang dilakukan oleh anak Rafael, Mario Dandy Satrio terhadap putra pengurus GP Ansor.

“Dalam rangka Kemenkeu melaksanakan pemeriksaan, maka mulai hari ini saudara RAT dicopot dari tugas dan jabatan,” kata Sri Mulyani dalam konferensi persnya, Jumat (24/2).

Menkeu Sri Mulyani juga sudah memerintahkan Inspektorat Kementerian Keuangan memeriksa harta kekayaan Rafael Alun Trisambodo.

“23 Februari lalu Irjen telah memeriksa harta yang bersangkutan,” tutur Sri Mulyani.

Pencopotan Rafael didasarkan pada Pasal 31 ayat 1 Peraturan Pemerintah No 94/2021 mengenai Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Tetap terima gaji

Meski telah dicopot jabatannya sebagai Kepala Bagian Umum di Kanwil DJP Jakarta Selatan II oleh Menkeu Sri Muyani, Rafael Alun Trisambodo masih menerima gaji.

“Setahu saya masih (terima gaji). Karena ini kan pencopotan dari jabatan, ini kan prosesnya belum selesai. Jadi nanti masih dilanjutkan, akan ada pemberitahuan-pemberitahuan selanjutnya. Kita akan update terus,” kata Staf Khusus Menkeu Yustinus Prastowo di Kantor Pusat DJP Kemenkeu, Jakarta Selatan, Jumat (24/2).

“Nanti kami tunggu penjelasan dari Dirjen Pajak (posisi baru Rafael). Ini kan pencopotan dari jabatan, artinya sebagai kepegawaian saat ini menjadi pelaksana supaya lebih mudah melakukan pemeriksaan,” sambungnya.

Sementara itu, Wakil Menkeu Suahasil Nazara juga menyatakan Rafael Alun Trisambodo tetap berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pencopotan hanya dilakukan karena pemeriksaan akan dilakukan dan untuk mempermudah pemeriksaan.

Selain terkait penganiayaan, Rafael juga disorot terkait gaya hidup mewah anak dan hartanya yang tembus Rp56 miliar.

spot_imgspot_img
spot_img

Hot Topics

Related Articles