Senin, 24 Juni 2024
spot_img

Putusan PN Jakpus Tak Pengaruhi Tahapan Pemilu 2024

BERITA TERKAIT

Berlangsungnya pembahasan aturan teknis pencalonan anggota DPR dan DPRD menjadi argumentasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) bahwa Pemilu Serentak 2024 tetap berjalan sesuai tahapan.

Penegasan itu disampaikan Kepala Divisi Hukum dan Pengawasan KPU, Mochammad Afifuddin, ketika membuka Uji Publik Rancangan Peraturan KPU (RPKPU) tentang Pencalonan DPR, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota, di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (8/3).

Pria yang karib disapa Afif itu menambahkan, KPU sebagai lembaga penyelenggara Pemilu bisa memastikan agar pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 tetap berjalan lewat proses penyusunan aturan teknis yang dilakukan.

“Uji publik ini menunjukkan komitmen kita, bahwa tahapan Pemilu berjalan sesuai PKPU Nomor 3 (tentang Tahapan dan Jadwal Pemilu Serentak 2024),” ujar Afif.

Mantan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI itu juga menegaskan, bahwa putusan PN Jakpus terkait gugatan Prima tersebut tidak menggu jalannya tahapan-tahapan.

“Semua proses tahapan kita bahas, sama sekali tidak ada gangguan,” kata Afif, sembari memastikan KPU segera melayangkan perlawanan untuk membatalkan putusan PN Jakpus itu.

Afif menyampaikan KPU sedang menyiapkan materi banding. “Dalam waktu dekat akan kami sampaikan,” pungkasnya.

spot_imgspot_img
spot_img

Hot Topics

Related Articles