Selasa, 21 Mei 2024
spot_img

Pengamat: Jokowi Harus Segera Depak Sri Mulyani dari Kabinet!

BERITA TERKAIT

Skandal dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) senilai Rp 349 triliun di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berujung pada munculnya mosi tidak percaya publik terhadap Sri Mulyani Indrawati. Tidak sedikit masyarakat yang meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mendepak bekas Managing Director World Bank itu dari Kabinet.

Menurut Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie, figur yang dianggap tepat untuk menggantikan Sri Mulyani Indrawati sebagai Menteri Keuangan pun mulai bermunculan ke muka publik. Satu diantaranya adalah bekas Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo.

“Saya pikir Agus Martowardojo figur tepat gantikan Sri Mulyani,” ujar Jerry Massie dalam keterangan tertulis yang diterima Holopis.com, Senin (27/3).

Jerry menilai, Agus memiliki pengalaman yang cukup kuat di moneter dan forecast economy atau ramalan ekonomi. Selain itu, sambung Jerry, rekam jejaknya cenderung positif.

“Dan dia juga bukan The King of Debiting, Raja Utang. Selain dia, ada Chatib Basri yang saat ini Komisaris Bank Mandiri,” tutur Jerry.

Jerry menambahkan, sosok Sri Mulyani juga tak memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat, dilihat dari dua periode menjabat di pemerintahan Presiden Joko Widodo.

“Saya pikir dua orang ini (Agus Martowardojo atau Chatib Basri) tepat gantikan Sri Mulyani yang tak punya sense of leadership dalam Kementerian Keuangan,” imbuh Doktor komunikasi politik America Global University ini.

“Tapi sebelum diganti, isu Rp 349 triliun TPPU perlu diselesaikan prosesnya dulu,” pungkas Jerry.

spot_imgspot_img
spot_img

Hot Topics

Related Articles