Senin, 24 Juni 2024
spot_img

Kilang Minyak Pertamina Kembali Kebakaran, Rizal Ramli: Itu Sih Corporate Culture yang Tidak Beres

BERITA TERKAIT

Kilang minyak Pertamina kembali terbakar. Kali ini, terjadi di Dumai, Riau pada Sabtu malam (1/4). Insiden itu menambah panjang daftar kinerja buruk perusahaan migas milik plat merah di bawah kepemimpinan Direktur Utama Nicke Widyawati dan Komisaris Utama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Karena, dalam kurun dua tahun terakhir, kilang Pertamina sudah tujuh kali mengalami kebakaran. Bagi ekonom senior, DR. Rizal Ramli, kasus ini bukan lagi persoalan keselamatan dan kesehatan kerja (K3), tapi lebih pada budaya perusahaan yang tidak beres,

“Sudah tujuh kali kebakaran dalam dua tahun. Itu mah corporate culture yang tidak beres,” tutur Rizal Ramli di Jakarta, Minggu (2/4).

Rizal Ramli meminta Menteri BUMN Erick Thohir untuk bersikap tegas menyikapi persoalan tersebut. Salah satunya dengan memberhentikan pucuk pimpinan di Pertamina. Namun demikian, Rizal Ramli ragu Erick Thohir berani mengambil tindakan tegas.

“Menteri ndak bakal berani, Ahok (Komisaris Utama) banyak pegang rahasia bosnya,” ujar Rizal Ramli mencontohkan.

Menko Perekonomian era Presiden Gus Dur itu menilai utang budi politik telah membuat rakyat menjadi korban. Pola mengelola perusahaan negara seperti ini, sambungnya, harus segera dihentikan.

“Enak saja rakyat dan negara dikorbankan, hanya karena Ahok sandera Jokowi,” tandasnya.

Sebagai informasi, kebakaran kilang pernah terjadi di Balongan pada 29 Maret 2021, Cilacap pada 11 Juni 2021, Cilacap lagi pada 13 November 2021, Balikpapan pada 4 Maret 2022, Balikpapan lagi pada 15 Mei 2022, Plumpang pada 3 Maret 2023, dan yang teranyar di Dumai pada 1 April 2023.

spot_imgspot_img
spot_img

Hot Topics

Related Articles