Sabtu, 18 Mei 2024
spot_img

Value Partners Group, Aldiracita Sekuritas dan STAR Asset Management Mengumumkan Kemitraan Strategis

BERITA TERKAIT

Value Partners Group (bersama dengan anak perusahaannya, “Value Partners”, Kode Saham Hong Kong: 806.HK) dan STAR Group (Aldiracita Sekuritas bersama dengan anak perusahaannya, “STAR Asset Management”), pemain pasar modal terkemuka di Indonesia, dengan bangga mengumumkan pembentukan kemitraan strategis untuk mendorong kolaborasi lintas batas yang lebih kuat untuk memanfaatkan dan memenuhi kebutuhan industri manajemen aset yang berkembang pesat di Asia.

Perjanjian kemitraan strategis ditandatangani pada 26 Juli 2023, dan upacara penandatanganan kerjasama diadakan disela jamuan makan siang bisnis yang dihadiri oleh Kepala Eksekutif Hong Kong John Lee, yang memimpin kunjungan delegasi tingkat tinggi Hong Kong ke negara-negara ASEAN.

Di bawah kemitraan ini,“Sensible Asset Management Hong Kong Limited”, anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Value Partners, akan mengakuisisi 29,99% saham PT Surya Timur Alam Raya Asset Management (STAR Asset Management), divisi manajemen aset di bawah PT Aldiracita Sekuritas Indonesia. Sebaliknya, di Singapura, Aldiracita Global Investment akan mengakuisisi 29,99% saham Value Partners Singapore. Secara bersamaan, kami juga mempertegas komitmen kami dan menyerahkan dokumen yang diperlukan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Otoritas Moneter Singapura (MAS) untuk mendapatkan izin dan dukungan dari otoritas.

Kemitraan strategis menyatukan keahlian dan kemampuan kedua perusahaan untuk menawarkan pasar Indonesia solusi investasi yang lebih inovatif dan berkualitas tinggi di berbagai kelas aset untuk membantu lebih banyak investor Indonesia mencapai tujuan bisnis mereka. Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di Asia dengan populasi usia muda produktif, dan meningkatnya kelas menengah diperkirakan akan membawa permintaan yang kuat untuk manajemen investasi di tahun-tahun yang akan datang, sehingga meningkatnya permintaan akan layanan manajemen aset dan kekayaan yang semakin berkualitas tinggi dan canggih

Value Partners sendiri memiliki pengalaman investasi lebih dari 30 tahun di Asia, dan perusahaan ini diakui atas kepemimpinannya dalam investasi ESG dan standar layanan internasionalnya. Sementara itu, STAR Asset Management juga dikenal luas oleh kliennya karena keahlian dan pengalaman investasi lokalnya dan diakui sebagai “Perusahaan Manajemen Aset dengan Pertumbuhan Tercepat di Indonesia” oleh Global Banking and Finance Review Awards. Pada Juni 2023, AUM Reksa Dana STAR tumbuh 22,25% di atas pasar.

Kemitraan ini juga membantu mendorong kolaborasi yang lebih erat antara Hong Kong dan negara-negara ASEAN serta berkontribusi pada perkembangan yang sehat dari industri manajemen kekayaan dan aset kawasan ini.

Sebagai bagian dari strategi pertumbuhan kami di Asia Tenggara, kami mengintensifkan komitmen dan memperkuat ikatan di kawasan ini,” kata Mr. Cheah Cheng Hye, Ketua Value Partners Group, yang merupakan bagian dari delegasi Hong Kong yang mengunjungi Asia Tenggara.

“Negara-negara ASEAN adalah mitra dagang terbesar kedua Hong Kong dengan potensi ekonomi dan investasi yang signifikan. Secara khusus, Indonesia, dengan populasinya yang besar, mewakili sebagian besar kekuatan ekonomi kawasan ini. Besarnya pasar konsumen Indonesia, didorong oleh kelas menengah yang sedang berkembang, menawarkan potensi besar untuk pertumbuhan dan investasi,”

June Wong, selaku CEO Value Partners Group, menekankan, “Aliansi kami dengan Star Group merupakan tonggak penting dalam upaya berkelanjutan kami untuk membangun kemitraan strategis yang menawarkan keuntungan terukur bagi klien kami. Dengan kedua perusahaan bergabung dan memanfaatkan kekuatan masing-masing, kami semakin yakin dapat membawa solusi investasi yang inovatif dan berbeda ke pasar Asia Tenggara yang dinamis. Kami percaya bahwa kolaborasi ini memungkinkan kami untuk memasuki pasar baru dan memanfaatkan potensi kawasan untuk pertumbuhan dan pembangunan jangka panjang,”

Rudy Utomo, Presiden Direktur Aldiracita dan Ketua Komite Asosiasi Perusahaan Sekuritas Indonesia juga menyatakan bahwa “Grup Aldiracita, melalui anak perusahaannya, STAR AM bersemangat untuk berkolaborasi dengan Value Partner untuk berkontribusi pada pembangunan ekonomi Indonesia dan memberi investor akses ke berbagai produk manajemen aset kami yang beragam.

Kami percaya bahwa komitmen bersama kami untuk memberikan solusi investasi yang luar biasa dan layanan klien yang tak tertandingi akan mendorong kesuksesan jangka panjang bagi perusahaan dan klien kami. Sebagai pemegang saham STAR AM, kami telah menginformasikan niat kami dan menyerahkan dokumen yang diperlukan kepada OJK. Kami menantikan semua dukungan dari pihak terkait”

Reita Farianti, CEO of STAR AM, mengungkapkan bahwa “Kami sangat senang dapat bermitra dengan Value Partner, salah satu perusahaan manajemen aset terkemuka dan paling dihormati di Asia untuk memperkuat posisi STAR AM di industri Manajemen Aset Indonesia. Kami bertujuan untuk memanfaatkan ekonomi Indonesia yang berkembang pesat dan lanskap investasi yang sedang berkembang, menawarkan berbagai reksa dana inovatif dan solusi investasi kepada investor lokal dan internasional. Selain itu, kolaborasi ini memastikan bahwa klien di Indonesia menerima tingkat perhatian khusus yang sama, solusi yang disesuaikan, akses luas ke pasar internasional, dan wawasan pasar komprehensif yang dikenal oleh Value Partner di seluruh dunia. Kami percaya bahwa komitmen bersama kami untuk memberikan solusi investasi yang luar biasa dan layanan klien yang tak tertandingi akan mendorong kesuksesan jangka panjang bagi klien kami.”

spot_imgspot_img
spot_img

Hot Topics

Related Articles