Selasa, 21 Mei 2024
spot_img

Anak Muda Kreatif di Indonesia Kurang Dilirik Pemerintah

BERITA TERKAIT

Club Lobi Pilm (CLP) di program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Pakuan menggelar nominasi film pendek di tahun ke-12.

Ketua pelaksana Indiefest 2023, Olivia Devita Permatasari, mengatakan, Festival Film Pelajar yang menampilkan 80 film pendek dari 66 sekolah ini berasal dari seluruh Indonesia.

“Peserta pada helatan Indiefest 2023 ini memiliki perserta dari luar Pulau Jawa, yaitu peserta Sekolah dari kota Bangka Belitung dan Lampung,” kata Olivia dalam keterangan pers, Rabu (8/11).

Dalam kesempatan yang sama, Demisioner CLP dan Presiden Mahasiswa Universitas Pakuan Periode 2021-2022, Arif Bustanudin Aziz, menambahkann, Indiefest selalu berkembang dan menjangkau sineas muda lebih luas setiap tahunnya, dengan harapan besar mampu menjadi fasilitator anak bangsa dalam bidang perfilman Indonesia, karena anak muda Indonesia tidak pernah kehabisan ide dan selalu kreatifitasnya tanpa batas.

Namun, Arif menyayangkan, seringkali anak muda kreatif di Indonesia kurang dilirik oleh stakeholder-stakeholder pemerintahan.

“Saya pun pernah merasakan menjadi kepanitiaan Indiefest sebagai koordinator acara festival indiefest ke 8 dan keterbatasan yang dimaksudkan contohnya seperti event tahunan Indiefest ini, kami selalu berjuang secara kolektif dengan kekurangan support seperti fasilitas event yang dibutuhkan dan juga akses yang kami perlukan untuk dapatkkan support dari stakeholder pemerintahan, minimal untuk hadir dan berikan apresiasi kepada para sineas muda indonesia ini,” kata Arif.

Indiefest 2023 menghadirkan 9 kategori Lomba pemenang. Diantaranya Film Terbaik 1,2 dan 3, Ide Cerita Terbaik, Aktor Terbaik, Aktris Terbaik, Sutradara Terbaik, Editor Terbaik, dan Penata Gambar Terbaik.

Acara Indiefest 2023 ini digelar di Graha Pakuan Siliwangi, Universitas Pakuan dengan tema “Magic Of Your Movie” yang di Ketuai oleh Olivia Devita Permatasari.

Adapun berikut daftar lengkap pemenang Festival Film Pelajar Indiefest 2023:

1. Film Terbaik 1 dimenangkan oleh SMK Pariwisata Metland Cilengsi, dengan judul film “Jang Bapa”.

2. Film Terbaik 2 dimenangkan oleh SMAN 2 Semarang, dengan judul film “Edgar & d’Shoes”.

3. Film Terbaik 3 dimenangkan oleh SMK Prestasi Prima Jakarta Timur, dengan judul film “Cat Calling”.
4. Sutradara Terbaik dimenangkan oleh SMK Pariwisata Metland Cilengsi, Mikael Frisko Rainand Aka.

5. Aktris Terbaik dimenangkan oleh SMK Prestasi Prima Jakarta Timur, siswi yang bernama Alifia Bintang Tabita as Puspa.

6. Aktor Terbaik dimenangkan oleh SMAN 2 Semarang, siswa yang bernama Yaafi Zhorif Alwan Herminardi as Edgar.

7. Editor Terbaik dimenangkan oleh SMK Prestasi Prima Jakarta Timur, siswa yang bernama Muhammad Fawwaz Ar-Rasyid.

8. Penata Gambar Terbaik dimenangkan oleh SMK Prestasi Prima, siswa yang bernama Ahmad Maylandri Ar-Rasyid.

9. Ide Cerita Terbaik dimenangkan oleh SMAN 2 Semarang, siswi yang bernama Grace Alice Tiantya Putri.

Selain itu, Indiefest juga mewadahi sesi seminar Talkshow bersama Ernest Prakasa yang dihadiri oleh peserta seminar sebanyak 300 orang.

Adapun tema seminar dalam acara ini adalah “Mengembangkan Ide Cerita Dalam Penulisan Naskah” dengan durasi seminar yaitu 1 Jam.

spot_imgspot_img
spot_img

Hot Topics

Related Articles