Minggu, 21 Juli 2024
spot_img

Cash Money Modus Lama Politik Uang, Ini yang Lebih Canggih

BERITA TERKAIT

Cash money atau pemberian uang secara kontan pada pemilih merupakan modus yang kerap dilakukan calon legislatif dan eksekutif untuk membeli suara. Namun, di era sekarang ini, justru dompet elektronik alias e-Wallet dan e-Money yang sedang ngetrend.

Demikian dikaakan Kepala Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK), Ivan Yustiavanda, pada Selasa (7/11).

“PPATK menilai adanya potensi money politic dengan menggunakan e-money dan e-wallet,” terang Ivan dalam acara PPATK 4th Legal Forum: Urgensi Regulatory Technology and Digital Evidence.

Menurut Ivan, salah satu kerentanan e-wallet dan e-money dalam politik uang itu karena tidak diberlakukannya pemantauan kegiatan dalam transaksi, misalnya dengan menerapkan e-money untuk open loop dan e-wallet tanpa registrasi.

Untuk itu, aparat pengawas Pemilu dan penegak hukum diperkirakan akan mengalami kesulitan dalam melakukan pelacakan dari kegiatan politik uang tersebut.

Lebih lanjut Ivan menuturkan bahwa kemajuan teknologi memang kerap kali menjadi hambatan dalam penyelesaian hukum. Oleh karena itu, Kepala Pusat PPATK itu mendorong pentingnya upaya mitigasi melalui pembuatan smart regulation dan juga sektor privat untuk mengembangkan dan memanfaatkan regulatory technology.

“Salah satu kebijakan pemerintah yang responsif dan antisipatif dalam rangka mitigasi risiko terjadinya tindak pidana pencucian uang dan tindak pidana pendanaan terorisme adalah dengan menetapkan fintech sebagai pihak pelapor,” pungkas Ivan.

spot_imgspot_img
spot_img

Hot Topics

Related Articles