Sabtu, 18 Mei 2024
spot_img

Rizal Ramli: Pulau Rempang Akan Dibuat Pelabuhan Militer Angkatan Laut China Oleh Jokowi

BERITA TERKAIT

Tokoh nasional, Rizal Ramli, mengungkap adanya kepentingan China yang membahayakan Indonesia dalam proyek strategis di Rempang. Hal itu disampaikannya dalam Festival 16 Kampung Tua pada Kamis (9/11).

Rizal menjelaskan, awalnya Presiden Jokowi akan melakukan pembangunan pelabuhan besar pada awal 2014. Rencana itu muncul setelah mantan Gubernur DKI Jakarta itu melakukan kunjungan ke Beijing. Namun, hal itu mendapat penolakan dari Gubernur dan penguasa wilayah militer di Sumatera Utara.

“Pada awal 2014, Jokowi ke Beijing, berjanji akan membangun pelabuhan besar, termasuk yang akan digunakan oleh angkatan laut China di Medan. Usulan ini ditolak oleh gubernur sipil, dan kemudian diganti oleh gubernur militer. Membebaskan tanah di Medan ternyata bukan perkara yang mudah,” ungkap Rizal.

Lebih lanjut, Rizal menyoroti keinginan Jokowi untuk penyelesaian, “Pada pertemuan di Chengdu delapan bulan lalu, Xi Jiping mengusulkan untuk fokus pada Rempang sebagai gantinya Medan, asalkan bersihkan dari penduduk lokal,” jelasnya.

Rizal menilai situasi ini sebagai bentuk kolonisasi baru dan pengkhianatan yang dilakukan Jokowi. Meski begitu, ia menyampaikan optimisme terhadap perubahan yang akan datang.

“Tapi tenang saja, masa kekuasaan Jokowi akan segera berakhir; sebentar lagi, kita akan memperbaiki situasi,” sambungnya.

Rizal Ramli juga menyoroti tindakan polisi yang menangkap warga yang membela hak-hak mereka. “Polisi seharusnya tidak berperan sebagai penindas kolonial; orang-orang ini hanya membela hak-hak mereka, namun malah berakhir di balik jeruji,” tegasnya.

Rizal meminta agar polisi melakukan introspeksi diri dan menuntut pembebasan bagi semua yang dipenjara dalam perjuangan hak mereka.

spot_imgspot_img
spot_img

Hot Topics

Related Articles