Sabtu, 20 Juli 2024
spot_img

Anies: Proyek IKN Akan Menimbulkan Masalah Ketimpangan Baru

BERITA TERKAIT

Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur diprediksi akan menimbulkan masalah ketimpangan baru.

“Kalau mau meratakan Indonesia maka bangun kota kecil menjadi menengah, kota menengah menjadi besar di seluruh wilayah Indonesia, bukan hanya membangun satu kota di tengah-tengah hutan,” ujar Anies Baswedan di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (22/11).

“Karena membangun satu kota di tengah hutan itu sesungguhnya menimbulkan ketimpangan yang yang baru,” sambung calon presiden (capres) nomor urut 1 itu.

Capres yang diusung Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu memandang tujuan pemerintah untuk meratakan pembangunan dan perekonomian di Indonesia tak sejalan dengan upaya-upaya strategis yang dilakukan.

“Jadi antara tujuan dengan langkah yang dikerjakan itu tidak nyambung,” tegas Anies.

Atas alasan tersebut, Anies menggarisbawahi pembangunan IKN perlu dikaji secara serius demi pemerataan yang menjadi tujuan Indonesia.

“Karena tujuan kita yang saya sampaikan tadi, Indonesia yang setara, Indonesia yang merata, argumennya sama, tapi menurut kami langkahnya bukan dengan membangun satu kota tapi justru dengan membesarkan semua kota yang ada di seluruh Indonesia,” tandas Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu.

spot_imgspot_img
spot_img

Hot Topics

Related Articles