Sabtu, 2 Maret 2024
spot_img

APK Desak DKPP Pecat Seluruh Komisioner KPU RI

BERITA TERKAIT

Puluhan massa dari Aliansi Penyelamat Konstitusi (APK) geruduk Kantor Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), di Jalan KH. Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Rabu siang (22/11).

Puluhan massa aksi itu terlihat membawa sejumlah spanduk besar dan kecil menyampaikan tuntutannya. Salah satunya tuntutan aliansi tersebut adalah meminta DKPP RI memecat komisioner atau pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Pada spanduk kecil yang dibawa banyak massa aksi, tertulis tanda pagar (tagar) #kamimuak, dan di bawahnya banyak kata-kata pedas mengarah kepada Presiden Joko Widodo dan putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka, serta KPU RI.

Sebagai contoh, ada kata-kata “Ini Republik Bukan Kerajaan”, dan “Gibran Cawapres Cacat Moral dan Etik”. Bahkan, ada kata-kata yang sedang hangat diperbincangkan publik yaitu “Tolak Dinasti Politik”.

Salah satu orator APK menyampaikan alasan mereka menuntut hal tersebut, yakni karena menganggap KPU RI berkontribusi melanggengkan kekuasaan Presiden Joko Widodo, dengan acara memuluskan pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto.

“Pemilu 2024 akan berlangsung curang, karena undang-undang direkayasa secepat memasak Indomie, mie instan. Potensi pelemahan demokrasi ini pelanggaran dari upaya kekuasaan Jokowi,” tegas orator itu menyampaikan.

Akibat dari aksi tersebut, puluhan aparat kepolisian dari satuan Sabhara dan juga Brimob disiagakan di Kantor DKPP RI. Bahkan, satu kendaraan taktis (rantis) dari Brimob juga disiagakan di bagian dalam kantor.

spot_imgspot_img
spot_img

Hot Topics

Related Articles